Tips Beternak Burung Lovebird Agar Cepat Bertelur dan Menghasilkan

Recomended


Tips Beternak Burung Lovebird Agar Cepat Bertelur dan Menghasilkan - Banyak peternak burung Lovebird yang mengeluh karena burung yang telah di peliraharanya berbulan-bulan tidak bertelur dan menghasilkan.

Tips  Beternak Burung Lovebird Agar Cepat Bertelur dan Menghasilkan

Ada beberapa penyebab yang membuat Loverbird tidak cepat bertelur, yaitu sebagai berikut:
  1. Burung betina yang diternakkan adalah burung hasil persilangan antara Loverbird klep dan Loverbird non-klep.
  2. Peternak tidak mempunyai catatan umur induk, khususnya induk betina. 
  3. Burung yang dikawinkan sama-sama berkelamin jantan sehingga tidak akan pernah bertelur.

  1. Anda harus tahu umur burung Loverbird yang akan dikawinkan, hal ini berguna untuk mengetahui burung betina sudah siap untuk dikawinkan atau tidak. Anda bisa memilih loverbird betina non-klep berumur 5 hingga 7 bulan, atau bisa juga memilih loverbird klep umur 8 sampai 12 bulan.
  2. Loverbird adalah burung yang memiliki warna atau monomorfik seksual, yaitu burung jantan dan betina sangat mirip. Ada kemungkinan burung yang anda kawinkan sama-sama berkelamin jantan ataupun betina.
  3. Jangan menggunakan betina yang merupakan hasil persilangan antara lovebird klep dan non klep. Sebab filial atau keturunan pertama yaitu semi klep sebagian besar memiliki sifat infertil, dari beberapa kasus loverbird betina semi-klep gagal menghasilkan telur.
  4. Pastikan kenyamanan kandang terjaga, mulai dari penyinaran hingga alas kandang. Karena hal tersebut sangat berpengaruh pada betina apakah akan bertelur atau tidak, kandang yang tidak nyaman biasanya akan membuat lovebird susah untuk bertelur. 
  5. Untuk penyinaran kandang, sebaiknya gunakan lampu dengan full spektrum, lampu ini mendekati spektrum matahari yang bermanfaat untuk pertumbuhan burung. Tempatkan lampu di bagian atas kandang, pasang timer agar burung dapat beristirahat minimal 10 jam di dalam kegelapan pada malam hari.
  6. Tempatkan juga pasangan lain dalam satu kandang,  hal ini bisa membuat suara pasangan lain memancing Lovebird agar cepat kawin dan supaya cepat bertelur.


Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to " Tips Beternak Burung Lovebird Agar Cepat Bertelur dan Menghasilkan "

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah kami akan segera meresponnya.