Cara Memasang Gelang Ring Anakan Perkutut yang Benar

Recomended


Cara Memasang Gelang Ring Anakan Perkutut yang Benar - Anakan burung perkutut yang sudah menginjak kurang lebih 2 minggu, perlu di pasangkan gelang ring sebagai tanda untuk di kelompokan dalam merawatnya, misal untuk perkutut jantan, kita berikan lain warna dari jenis perkutut batina. Selain itu berfungsi juga untuk memudahkan peternak mengetahui silsilah anakan burung perkutut tersebut turunan dari induk yang mana.

Cara Memasang Gelang Ring Anakan Burung Perkutut yang Benar, Image from: www.bekas.com

Bagi seorang peternak burung perkutut, hal ini sifatnya wajib karena selain berfungsi di atas, fungsi lain yang tidak kalah pentingnya adalah untuk meyakinkan ketika ada pembeli yang berminat terhadap burung tersebut, pembeli akan lebih yakin kalau perkutut tersebut hasil dari peternakan burung perkutut terkenal, karena setiap peternakan burung perkutut/ Birdfarm mempunyai ciri khas masing-masing dalam memasang ring. 

Burung perkutut yang tidak memakai ring biasanya dari hasil tangkapan atau perkutut liar, atau bisa juga dari hasil peternak biasa yang tidak memperdulikan silsilah dari burung itu dimana burung itu hanya untuk di jual di pasar.

Sebagai contoh saja, perkutut berasal dari Nusantara Birdfarm akan kami pasangkan gelang ring dengan kode "Nusantara" berikut nomor urutnya, warna gelang ring kami bedakan untuk menandakan tempat atau kandang burung tersebut di pelihara, kode ring tersebut juga akan kami tuliskan di setifikat yang akan kami berikan jika ada pembeli yang berminat. Dengan cara itu silsilah burung perkutut tersebut jelas mulai dari kakek neneknya sampai dengan induknya sendiri.

Selain bisa dipasang untuk anakan perkutut yang baru berumur beberapa hari, ring atau gelang kaki perkutut juga bisa kita pasang pada perkutut yang telah dewasa tentunya dengan menggunakan trik dan teknik khusus agar ring bisa terpasang. Untuk memasang ring bagi perkutut dewasa, terlebih dahulu ring kita berikan pelumas bisa menggunakan minyak goreng atau handbody. Cara memasangnya bisa kita mulai dari 3 jari depan terlebih dahulu di masukkan jari belakang di lipat kebelakang, kemudian 1 jari belakang kita masukkan dengan perlahan. Tapi cara ini tidak kami sarankan karena jika salah bisa mencederai kaki burung perkutut tersebut, lebih baik pemasangan di lakukan ketika burung tersebut baru berumur sekitar 2 minggu

Cara memasang gelang ring untuk perkutut yang masih anakan juga sama dengan yang saya jelaskan di atas yaitu dimulai dari 3 jari depan di masukkan bersamaan kemudian 1 jari belakang menyusul, ring tidak diberikan pelumas juga tidak masalah karena ukuran kaki masih kecil tapi diperlukan kehati-hatian juga jangan sampai melukai jari piyikan tersebut.

Gelang Ring Perkutut yang berkualitas

Sebelum memasangkan ring pada anakan perkutut, kita harus memastikan gelang yang di pasang dalam kondisi bagus, artinya gelang tersebut tidak memiliki sambungan, lingkar gelang benar-benar bulat dan warna juga menarik (tidak gampang luntur).

Kenapa harus menggunakan kualitas gelang yang berkualitas?

Hal ini karena pemasangan gelang ring cuma di lakukan sekali seumur hidup burung tersebut, maksudnya ring tersebut akan terpasang hingga burung itu mati. Di samping itu untuk mencegah penukaran gelang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan tertentu.  


Dimana tempat mencari gelang ring perkutut?

Banyak pengrajin yang menjual ring ini, bahkan untuk saat ini pembelian bisa melalui Sosial Media, tapi karena setiap ring mempunyai ciri khas masing-masing sesuai selera peternak, maka untuk membeli gelang ring ini tidak bisa instant dan harus melalui proses pemesanan terlebih dahulu. Hargapun tiap pengrajin berbeda-beda tergantung dari kualitas gelang ring itu sendiri.

Berapa harga gelang ring burung perkutut?

Selain di tentukan dari kualitas, untuk harga biasanya juga tergantung dari jumlah pesanan, untuk gelang ring dengan kalitas standart per-100 ring biasanya di kisaran harga 100 ribu dan untuk yang bagus bisa di kisaran 250 ribu hingga 500 ribu per-100 ring.

Demikian sedikit tips dan trik dari Nusantara Birdfarm, cara memasang ring anakan perkutut yang benar, sedikit gambaran tentang jenis-jenis ring untuk burung perkutut dan kami sertakan juga video tutorialnya. Semoga bisa bermanfaat.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to " Cara Memasang Gelang Ring Anakan Perkutut yang Benar "

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah kami akan segera meresponnya.