Cara Memandikan Burung Perkutut

Recomended


Cara Memandikan Burung Perkutut - Seperti halnya dengan burung ocehan, burung perkutut juga perlu di mandikan agar bulunya bersih dan terbebas dari kutu, dengan di mandikan burung perkutut yang stress atau terlalu liar akan menjadi lebih cepat tenang dan mau berbunyi. akan tetapi cara memandikan burung perkutut berbeda dengan burung-burung ocehan, memandikan burung ocehan bisa di lakukan setiap hari cukup dengan cara di semprotkan dari luar kandang dan tanpa harus di pegang kemudian di jemur.



Cara Memandikan Burung Perkutut


Kenapa memandikan burung perkutut tidak cukup dengan di semprot? Selain bulu burung perkutut lebih tahan air (tidak mudah basah), proses memandikan dengan cara di semprot air tidak bisa membuat bulu-bulu burung perkutut bersih karena yang terkena air hanya bagian luar bulu saja. sedangkan yang perlu dibersihkan terutama bagian-bagian bawah dan dan bagian dalam sayap. Untuk menghilangkan kutu, memandikan burung perkutut bisa diberikan remasan daun sirih dan atau air cucian beras. 

Memandikannya bisa dengan cara di pegang dan di elus dengan tangan yang basah. Cara kedua bisa dengan cara di pegang lalu di semprot dengan sprayer lembut (embun).

Yang perlu di perhatikan dalam memandikan perkutut, jangan sampai air masuk ke hidung perkutut. Jadi untuk bagian kepala sebaiknya dengan cara di usap menggunakan tangan yang basah saja. 
Baca juga : Cara meningkatkan kualitas panggung burung perkutut
Waktu memandikan dan seberapa sering harus dimandikan berbeda-beda untuk masing-masing perkutut tergantung dari karakter si burung itu sendiri. Untuk perkutut yang tergolong liar, sebaiknya 2 hari sekali di mandikan. Akan tetapi jika perkutut anda tidak liar cukup di mandikan 1-2 minggu sekali saja. Di Artikel ini kami sertakan Video Cara Memandikan burung perkutut yang benar.


Pada umumnya perkutut di mandikan pada pagi hari (jam 07.00-11.00), kemudian dijemur sekitar 1-2 jam sampai semua bulunya kering.Tapi sekali lagi ini tergantung dari karakter perkutut anda dan sudah pasti waktu luang anda. 

Itulah informasi singkat mengenai Cara Memandikan Burung Perkutut agar selalu terlihat segar dan sehat. Semoga bermanfaat. 

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

3 Responses to " Cara Memandikan Burung Perkutut "

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah kami akan segera meresponnya.